26 August 2009

RINDU KARTU LEBARAN


Entah kenapa hari ini tiba tiba aku teringat masa 10 sampai 20 tahun lalu, saat aku bersemangat memburu kartu ucapan lebaran dan berteriak gembira kala seseorang mengirimakan kartu ucapan maap nya... ku pegang dan kutatap sambil tersenyum membayangkan wajah si empunya kartu pengirim.

bayangan itu terasa nyata, apalagi kini adalah ramadhan yang kesekian kalinya aku tidak pernah mengirimkan kartu lebaran... mungkin sesekali aku masih menerima ucapan maap diatas lembaran kartu indah itu..yah...walaupun sebatas dari teman teman kantor dan dengfan bahasa kedinasan yang formal.

Aku rindu saat saat dulu....saat jadul konvensional, saat blm ada sms yang booming serasa jadi raja mewakili semua rasa sang insan.... sungguh aku rindu.

pasti diantara kalian ada yang tertawa dan mengejek::: " udah ga musim coy...pake kartu lebaran"... ada juga yang bilang "lebih cepat dan irit pake sms pak,,, ngapain sih..."
Yah...semuanya punya argument masing masing dan punya alat pembenarannya... tapi setidaknya ada beberapa alasan, mengapa aku rindu dan bertekad akan mengirimkan ucapan Maap ku di sehelai kartu lebaran:

  1. Sebagai bukti ketulusan dalam mengirimkan kata maap dan ucapan selamat hari raya...
  2. Terasa ada pengorbanan...saat kita harus menulis setidaknya tandatangan kita, melipatnya memasukannya dalam amplop pergi ke kantor pos, membeli prangko dan merasakan indahnya penantian dan bayangan saat kartu itu sampai pada alamat yang kita mau.
  3. lebih menghargai orang / kerabat / saudara / teman yang kita cintai,,, karena sesungguhnya kartu ucapan adalah representasi atau wakil dari diri kita.. indah tidak sebuah ucapan,,bagus tidaknya sebuah kartu adalah cermin keikhlasan kita bagi teman / saudara kita.
bukannya tidak suka dengan budaya ucapan lewat sms..... tapi pernahkan kita sejenak berfikir "semurah itukah harga ketulusan kita dalam meminta maap dan mengucapkan selamat"?

seberapa besar penghargaan kita terhadap orang tua/pimpinan/ teman sejawat melalui sebuah pesan yang dikirim hasil copy paste lalu forward...? sebuah pesan yang terkirim saat kita berjalan atau tiduran bahkan dalam wc sekalipun? yang dalam pesannya ada juga lafadh Allah dan hurup arab lainnya...?

Btw....more ever... semua punya hak berpendapat dan membantah..tak ada yang benar dan salah... semoga di ramadhan kali ini kita kembali fitrah di 1 syawal 1430H

Mohon Maap Lahir Bathin....

Bagi pembaca yang ingin kami kirimi kartu ucapan silahkan tingalkan alamat lengkap melalui email saya atau di comment.

Terimakasih


No comments: